Jari10 is the best blog to get more information about software, antivirus, linux, windows, games, android, madura, karapan sapi

Wisata Kuliner Pamekasan Madura

Share on :
Setelah membahas wisata kuliner Bangkalan, sekarang kita menuju ke Pamekasan :D
Yok Bentuen Yeh Bentoen Yeh *Pak Tarno versi Madura

RM Arwana & RM Citra



Terletak kurang lebih 2 KM dari pintu gerbang masuk Kabupaten Pamekasan, tepatnya di Desa Ambat Kecamatan Tlanakan. Letak 2 (dua) RM ini berdekatan dan macam jualannyapun relatif sama. Kalau saya sarankan RM Arwana lebih variatif, enak dan memang lebih banyak pengunjungnya. Menu yang ditawarkan beragam dan beberapa yang khas Madura adalah: Nasi Jagung, Telur Bumbu Tesola (tesola, singkatan dari pettes ola, artinya ‘petis yang udah diolah’), Kenduy Dadar (kenduy artinya teri, dadar teri) dan lainnya. Berbagai jenis ikan juga banyak, mulai dari Kakap, Cumi, Udang, Tenggiri, Kepiting dan lainnya. RM ini terletak di tepi laut, dan jenis ikan-nya sangat beragam. Diluar ikan juga ada Ayam dan Gulai Kambing. Harga juga relatif murah, dijamin tidak bikin kantong bolong.

Rujak Patemon
 
Warung Rujak Patemon terletak di Jalan Trunojoyo Gang Kelurahan No 115. Kalau dari arah Surabaya, pada waktu sudah masuk kota Pamekasan, terletak tak jauh setelah lampu merah kedua, di sebelah kanan jalan.

Warung Rujak Patemon hanya menyajikan 2 (dua) menu makanan utama saja. Rujak, Bubur Rujak Madura (tersedia hanya waktu bulan Ramadlan) . Untuk Rujak dan Bubur Rujak Madura, keduanya adalah khas Pamekasan. Rujak Pamekasan memakai petis coklat sehingga bumbu rujaknya berwarna putih, beda dengan Rujak Bangkalan yang memakai petis warna hitam (udang) sehingga bumbu berwarna coklat pekat. Selain bumbunya, yang khas dari Rujak Pamekasan adalah cingur dan kripik singkong-nya yang diulek jadi satu dengan sayuran lainnya.Kalau Rujak Madura dimana bahan-bahannya setelah diulek kemudian dimasukkan juga lontong, sedangkan Bubur Rujak Madura, adalah bubur dengan topping rujak Madura. Dan yang paling menggiurkan disini yaitu Harganya murah, hanya Rp. 5.000,- per porsi. Mantab kan ?



Warung Kaldu

 
Kaldu adalah makanan khas Madura khususnya daerah Sumenep, Pamekasan dan sebagian Sampang. Pengertian Kaldu biasanya adalah air rebusan dari ayam maupun daging saja. Sedangkan pengertian Kaldu disini sudah merupakan sajian makan komplit siap santap sama halnya seperti Rawon atau Soto. Yang dijadikan kaldu adalah kaskus, ataupun kokot (bahasa Madura untuk kaki sapi). Kemudian dimasukkan juga kacang hijau, dan lontong. Bagi petualang rasa, masakan ini memang benar-benar pantas untuk dicoba, really authentic cuisine!

Warung Kaldu ini terletak di Jalan Pintu Gerbang Pamekasan. Dari arah Surabaya, masuk kota Pamekasan, lurus sampai ke tugu Arek Lancor, yang merupakan landmark kota Pamekasan. Setelah melewati Masjid Agung Pamekasan, kemudian belok kiri, lurus dan pada saat lampu merah kedua, belok kanan. Warung ini terletak sekitar 100 M setelahnya.






Artikel Terkait:

0 komentar on Wisata Kuliner Pamekasan Madura :

Post a Comment and Don't Spam!

 
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Pengikut