Jari10 is the best blog to get more information about software, antivirus, linux, windows, games, android, madura, karapan sapi

Resensi Melejitkan Potensi Otak

Share on :

Judul : Melejitkan Potensi Otak
Penulis : Muhammad Musrofi
Penerbit : Pustaka Insan Madani
Tahun terbitan : 2008
Dimensi : 14 x 21 cm
Tebal : 208 halaman + viii
Diresensi oleh Renaldi Ardiansyah Utomo
SINOPSIS
Otak anda dapat anda pegang dengan hanya menggunakan satu telapak tangan. Beratnya sekitar 1,5 kg. Pada otak, anda memiliki 100 miliar sel saraf aktif.
Bagian otak yang paling ‘menakjubkan’ adalah neokorteks. Semua kecerdasan manusia ada di dalam neokorteks. Di otak ini pula bersemayam kecerdasan yang lebih tinggi, intuisi. Intuisi adalah kemampuan menerima informasi yang tidak dapat diterima oleh indra anda.
Kekuatan otak tidak ditentukan oleh jumlah sel otak, tetapi oleh jumlah hubungan yang terjadi antarsel tersebut. Koneksi antarsel adalah kunci kekuatan otak. Memberi rangsangan (stimulasi) pada otak akan memperbanyak hubungan antarsel otak.
Ada berbagai cara untuk memberikan stimulasi pada otak, antara lain: membuat target ide, mengubah kebiasaan, berjalan-jalan, membaca, memperhatikan, buat catatan ide, olahraga, buat proyek kerajinan, menikmati musik, bertemu orang baru, keterampilan baru, buat tabel positif negatif, dan memasak.
Otak menyimpan informasi dengan menggunakan asosiasi. Otak menghubungkan sesuatu yang mirip dari tempat menyimpan ingatan. Belajar menyimpan informasi dalam bentuk pola-pola dan dengan asosiasi yang kuat adalah langkah pertama menuju pengembangan kemampuan otak. Ada empat cara praktis meningkatkan kerja otak yang asosiatif: tehnik kata acak, analogi, tehnik langsung, dan pengelompokan (clustering).
Hampir semua anggota tubuh kita berpasangan. Ketika kita menggunakan salah satu saja dari anggota tubuh tersebut, aktivitas kita akan terganggu dan tidak optimal. Nah, begitulah yang terjadi pada otak kita. Tidak sedikit orang yang cenderung hanya mengandalkan satu belahan otak. Ada banyak bukti bahwa salah satu rahasia sukses adalah dikarenakan kemampuan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara harmonis.
Ada 8 kecerdasan dasar yang ada pada otak manusia: kecerdasan linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinetik-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan antarpribadi (interpersonal), kecerdasan intrapribadi (intrapersonal), dan kecerdasan natural. Tipe-tipe kecerdasan tersebut memiliki deskripsi, potensi, dan preferensi yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut juga akan menentukan pekerjaan atau aktivitas tekait individu.
KELEBIHAN :
·         Sistematika penyajian memudahkan pembaca dalam memahami bacaan. Bahasa yang digunakan komunikatif. Berbagai ilustrasi yang lucu dan menarik dan rangkuman di setiap topik menjadikan buku lebih mengasyikkan.
·         Bobot bacaan dapat dikatakan padat berimbang. Selain menyajikan fakta-fakta, buku ini memberikan bermacam-macam solusi dan ilustrasi yang mudah dipahami.
·         Informasi yang disampaikan aktual.
·         Lembar kerja yang inovatif disertakan pada setiap topik.

KEKURANGAN
Belum menemukan kekurangannya, karena overall mantab banget ini buku :D
KEBERMANFAATAN
·         Karya ilmiah yang satu ini sangat berharga bagi siapa pun yang mau melejitkan kemampuan otak. Khususnya bagi pelajar, dimana seluruh kecerdasan dikompetisikan, informasi di dalam buku ini bagaikan batu intan yang sangat berharga. Tidak hanya sekedar membaca, pembaca akan diajak membuktikan secara langsung dengan panduan dari lembar 


Artikel Terkait:

3 komentar on Resensi Melejitkan Potensi Otak :

Anonim mengatakan... 5 Januari 2012 pukul 07.22

wuh serem juga ya..
thx infonya:D

Anonim mengatakan... 5 Januari 2012 pukul 07.24

bisa gt ya karya ilmiahnya:D
info menarik

LauraMedley mengatakan... 25 Oktober 2016 pukul 03.11

Fine information, many thanks to the author. It is puzzling to me now, but in general, the usefulness and importance http://www.iessaywriter.com/ is overwhelming. Very much thanks again and best of luck!

Post a Comment and Don't Spam!

 
Picasa

Pengikut